[Event] – Nonton Jakarta City Philharmonic (JCP)

Processed with VSCO with hb2 preset

Welcome to Jakarta City Philharmonic (JCP), orkestra musik klasik dunia di Jakarta yang digagas oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ). Karya memainkan terutama dari simfonik anak bangsa berdampingan dengan musik simfoni dunia yang sudah lebih dahulu terkenal.

Seperti yang kalian tahu aku adalah #penghunibangkusetia konser JCP dan sering sekali aku bagi momen -momen nonton JCP ini bagi di story dan feed instagramku. Berikut beberapa pertanyaan yang biasanya ditanyakan kepadaku soal konser ini. Semoga cukup membantu terutama bagi kalian yang pertama kali nonton JCP, mungkin masih ada yang terlewat, silahkan ditambahkan pada kolom komentar ya. šŸ™‚

Disclaimer : FQA berikut adalah hasil observasi dan pengalaman nonton konser JCP yang aku simpulkan secara personal. Untuk ketentuan lebih lanjut dan jelas silahkan hubungi akun resmi JCP berikut :

FB:Ā /JakartaCityPhilharmonic

IG:Ā @jakartacityphilharmonic

Here some…
Genre yang dibawakan apakah hanya musik klasik?

Ya, namanya juga philharmonic. Genre yang dibawakan hanya musik klasik.

Tapi sekarang JCP Ā rajin memberikan kejutan – kejutan yang melengkapi penampilan musik klasik, kadang diisi dengan Live Jamming bersama penonton, dance pendukung cerita maestro, nyanyian syair oleh soloist, info tinggal ikuti berita di akun resmi mereka ya.

Lagu yang dibawakan apakah selalu sama?

Tidak, setiap konser JCP memiliki tema yang direpresentasikan dalam lagu – lagu yang akan dimainkan nanti. Penjelasan dari setiap lagu akan di rangkum dalam buku program yang diberikan pada hari H sebelum pementasan.

Dimana tempat pelaksanaan Konser JCP?

Sampai saat ini masih diselanggarakan di Plaza Taman Ismail Marzuki (TIM) Cikini. Gedungnya berada disebelah Cinema XXI TIM di area belakang yang sekilas mirip gedung Opera House Sydney dengan background apartemen berwarna emas šŸ˜›

Bagaimana cara ke acara konser JCP?

Sebutkan saja lokasi Taman Ismail Marzuki. Stasiun kereta terdekat adalah Stasiun Cikini sekitar 1 km berjalan kaki

Kapan diadakan JCP?

JCP diadakan setiap bulan. Konser perdana ditahun 2018 diadakan di bulan April.

Bagaimana mendapatkan tiket JCP?

Silahkan ke akun instagram resmi JCP. Seminggu sebelum pelaksanaan mereka akan membuka pengumuman registrasi pemesanan tiket, silahkan akses sesuai dengan link yang telah diberikan. Bagi kalian merupakan kawan JCP, akan ada email undangan untuk registrasi pemesanan tiket satu hari sebelum diberikan akses kepada publik.

Satu email mewakili satu tiket.

Bagaimana menjadi kawan JCP?

Silahkan isi form berikutĀ  bit.ly/kawanjcp

Apa saja isi email konfirmasi pemesanan tiket?

Email konfirmasi akan dikirimkan H-3 acara JCP. Informasi dalam email konfirmasi jika kalian berhasil mendapatkan tiket, yaitu:

  1. Konfirmasi kamu bisa menonton JCP sesuai jadwal konser.
  2. Flyer online berisi daftar musik yang akan dibawakan.
  3. Aturan dasar penukaran tiket
  4. Contact person acara apabila ada hal yang perlu ditanyakan dan konfirmasi ketidakhadiran.

Apa bisa tidak mendapat konfirmasi pemesanan tiket? Bisa saja, kalau kuota memenuhi.

Mekanisme penukaran tiket JCP?

Meja registrasi dibuka dari jam 17.00 – 19.00. Silahkan bawa screenshoot email konfirmasi atau sebutkan nama pemesan dimeja registrasi. Untuk mencegah ada nama yang serupa, silahkan sebutkan juga alamat emailnya. Satu orang mendapatkan satu tiket.

Yang datang setelah jam 19.00 tiket dianggap hangus dan diberikan kepada penonton on the spot dan waiting list.

Bagaimana kalau berhalangan hadir dan tidak bisa datang?

Silahkan konfirmasi ketidakhadiran pada saat Undangan dikirimkan melalui email H-1 agar dapat diberikan kepada lainnya. Saran, kalau memang belum yakin bisa nonton jangan daftar dulu. Silahkan datang on the spot ya.

Jam berapa sebaiknya saya datang?

Aku menyarankan datanglah 1,5 – 1 jam jam sebelum acara dimulai. Karena kalian perlu menukarkan tiket terlebih dahulu dan perlu membaca dulu buku programnya biar membantu kalian yang baru pertama kali datang atau perlu penjelasan lebih lanjut tema musik yang sedang dilaksanakan.

TIM dilengkapi dengan kantin, toilet dengan jumlah cukup dan bersih, ada mesjid untuk menunaikan ibadah shalat magrib. TIM berada di daerah yang lumayan macet, silahkan gunakan angkutan umum. Ojek the best!

Berapa harga tiket JCP?

Tiketnya gratis tapi kalian wajib berdonasi Rp 50.000 untuk kelas reguler dan Rp 150.000 untuk kelas VIP, dan Rp 250.000 untuk kelas VIP+dapat baju JCP. You can choose your preference.

Baju JCP dapat dibeli sebesar Rp 150.000 plus tiket VIP untuk acara JCP selanjutnya.

Berapa lama pementasan konser JCP?

Konser biasanya dilaksanakan 90 menit. 15 menitĀ pengenalan singkat tema JCP dan 15 menit jeda diantara babak musik. Total 120 menit (2jam)

Masuk ke tempat pementasan sekitar jam 19.30. Konser dimulai jam 20.00 dan berakhir jam 22.00

Bagaimana pembagian nomor kursi?

Nomor kursi dibagikan pada saat registrasi, per nama yang telah terdaftar.

Bisakah saya mendapat tempat duduk bersamaan dengan teman?

Bisa asal pada saat registrasi sebutkan langsung nama temen kamu yang sudah terdaftar juga sebelumnya, asalkan kursi belum penuh.

Bagaimana kalau datang terlambat?

Anda tidak bisa memasuki tempat pementasan selama musik dimainkan. Anda akan dipersilahkan masuk ketika ada jeda, tentu dengan seijin panitia.

Saran : Jangan telat!

Adakah tempat penitipan tas?

Tidak ada, tas bisa dibawa kedalam acara pementasan.

Apakah ada dress code?

Tidak ada, pantaskan saja diri anda untuk nonton konser musik klasik. Bebas, pantas, sopan!

Tips : bawa jaket, sometimes udara didalam tempat pementasan bisa jadi dingin. Karena aku biasanya nonton konser JCP sehabis pulang kantor, biasanya masih pakai baju kantor.

Bolehkan bawa HP dan Kamera?

Boleh, asal dalam mode mati atau tidak bersuara. Dilarang meangkat telepon pada saat pementasan. Boleh memoto asalkan tidak menggunakan lampu flash dan tidak bersuara yang mengganggu.

tips : karena ini acara musik, coba nikmatilah, jangan terlalu sibuk memoto dan merekam. karena selain kamu menjadi tidak menikmati musiknya (Pada dasarnya musik klasik di perdengarkan untuk di nikmati dan dihayati), cahaya dari Handphone kamu bisa saja jadi mengganggu penonton disekitarmu. Silahkan merekam asal tau batasan diri. Kalau kamu bekerja untuk media silahkan informasikan kepada panitia agar diberi tempat dudukĀ  yang sesuai.

Selama memoto dan merekam masih diperbolehkan silahkan dipergunakan secara bijak jangan mengurangi kenikmatan kamu dan orang lain. Lebih baik lagi ajak saja teman – temanmu untuk nonton konser JCP ya.

Bolehkah membawa anak kecil?

Tidak ada larangan tertulis larangan membawa anak kecil, kembali kepada kesadaran masing – masing apakah anak anda akan duduk manis diam selama acara berlangsung. Jangan sampai menggangu ketenangan dan kenyamanan acara. Anak anda diwajibkan mendapatkan tiket juga untuk satu kursi.

Adakah larangan selama konser berlangsung?

Dilarang makan dan minum selama acara berlangsung termasuk makan siomay, dilarang menggunakan flash saat memoto, dilarang keluar selama musik sedang dimainkan, dilarang melakukan komunikasi dengan handphone.

Kapan saya harus tepuk tangan?

Tepuk tangan biasanya di awal dan diakhir musik dimainkan disetiap babak. Awal musik ditandai pengaba masuk dan memberikan salam, bagian akhir ditandai dengan semua pemusik berhenti dan meletakkan alat musiknya atau pengaba berbalik kepada para penonton.

Hati – hati kadangĀ  ada part musik klasik yang berhenti seakan selesai, tapi tiba-tiba dimulai lagi (silent pause). Untuk menghindari malu, join ketika semua orang mulai tepuk tangan. #aman

Saya belum pernah mendengar musik klasik, apakah akan cocok untuk saya?

Kalau belum dicoba mana tahu. Semua orang pada dasarnya pernah mendengar musik klasik baik sadar maupun tidak. Bisa dari iklan, lagu, background musik di toko buku. Nikmati saja setiap musik yang akan dipentaskan di JCP. Jangan terlalu dipikirkan. Ini bukan soal urusan ibu mertua :p

Saya pertama kali nonton konser musik klasik apa yang harus saya lakukan?
  1. Datang terlebih dahulu, kasih jeda waktu untuk penukaran tiket, makan dan kegiatan lainnya sebelum masuk ketempat konser.
  2. Ambil buku program, baca sebelum masuk ke dalam tempat konser. Silahkan googling untuk dapat informasi yang lebih, bisa dilakukan setelah pulang konser nanti.
  3. Jangan lupa juga foto di Banner besar JCP, lebih baik dilakukan sebelum acara dimulai. karena setiap akhir pementasan lebih ramai.
  4. Jangan lupa ke toilet sebelum acara dimulai karena kalian harus menunggu kurang lebih 1 jam sampai jeda rehat.
  5. Jangan lupa bawa jaket. Kadang udara tiba – tiba bisa menjadi dingin.
  6. Enjoy yourself! Nikmati acara dan musiknya. tidak perlu punya pengetahuan tentang musik klasik. Karena seni hanya perlu dinikmati.Ā Have a great time!
Apa yang saya dapatkan setelah nonton JCP?

KEBAHAGIAN, RASA KAGUM, DAN KETAGIHAN šŸ™‚

Processed with VSCO with k3 preset

CheersĀ šŸ’•,
Mendys

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s