[T&T] – Banyak Jalan Menuju NAMI

I pass through the sunlight and the fog, through the mountains which embrace the valleys. Through you, through myself. I pass through whatever prevents human to see

A quote written on a stone at NAMINARA

Hello Escaper,

Siapa yang tidak tahu dengan Nami Island sebagai destinasi wajib di Korea Selatan? Nami Island yang terletak di Provinsi Gangwon ini terkenal sejak di jadikan lokasi syuting Winter Sonata, tapi dulu sewaktu memutuskan untuk pergi ke Nami bukan karena ketertarikan dengan drama ini. Katanya kalo main ke Korea gak afdol kalo gak ke Nami.

IMG_0848 blog ed

So, today I want to share about how to get to Nami.

Tapi setidaknya bagi kalian yang berniat ke Nami harus meluangkan waktu satu hari untuk benar – benar menikmati daerah ini. Karena ada tempat wisata lainnya juga yang terkenal yaitu Petite France (lagi – lagi gara – gara drakor yaitu lokasi syuting “My Love from the Star“) dan Morning Calm Arb. Fortunately, It is all linked via the shuttle bus in Gapyeong.  You will be able to cover all 3 if you plan your timing strategically based on the shuttle bus timings 😉

Sayangnya untuk destinasi terakhir belum sempat dikunjungi 😦 . semoga lain kali kesampaian. Amiin.. Oh ya untuk destinasi  Morning Calm Arb best visit ketika Spring and Summer ya!

Anyway, untuk ke Nami kalian bisa mempertimbangkan berbagai alternatif  transportasi loh. Tergantung budget kalian. Berikut aku kasih plus minus alternatif yang akan kalian pilih nanti.

2407084_image_1

By Taxi/Car Rent

Perjalanan driving ke Nami memakan waktu 2 jam 20 menit (approx).

Kalian bisa mempergunakan TAKSI yang telah kalian pesan sebelumnya, atau kalian drop-in taksi dijalanan kota Seoul, biasanya ada supir taksi yang akan menawarkan harga flat rate (kalo bahasa indonesianya NEMBAK #maudonkditembak ) tapi bisa juga dengan Argo. Tergantung pilihan kalian. dengan jarak 65 miles = ±85.000 KRW kalo dengan argo. Tapi biasanya jarak yang terlalu jauh jadi pertimbangan para pengemudi taksi ini, mungkin kalian akan sedikit mengalami kesulitan untuk menggunakan Argo. 🙂

Biasanya mereka akan menawarkan opsi Flat Rate dengan kisaran Harga 95.000 KRW – 100.000 KRW . Oh ya semua harga diatas SATU KALI JALAN ya!

Opsi lainnya kalian bisa menghubungi CAR RENT yang memang melayani jasa antar. Semakin banyak orang biaya semakin murah. Mereka juga menyediakan berbagai opsi pilihan mobil. Harga yang diberikan biasanya sudah termasuk Jasa Supir, Bensin dan Toll.

+ Private, Tentu saja didalam taxi hanya untuk kalian sendiri.

+ Best Option for Large Group, Opsi ini menjadi pertimbangan kalau kalian berangkat dengan rombongan (min ber4)

– Expensive, Yah! Tapi ini tentu sebanding dengan kenyamanan dan Ketidakribetannya.

– Usually, Just for One Location! Hanya untuk perjalanan ke Nami saja, untuk mampir ketempat lainnya kalian akan dikenakan charge tambahan. Tapi ada car rent lainnya yang bisa drop kalian ketempat sesuai itinerary kalian. Tentu saja ada harga nya, tergantung nego kalian di awal ya 🙂

Limited Operational Hours, Karena mengikuti jam kerja disana, tentu saja perjalanan kalian maksimal hanya untuk 8 jam sewa saja (PP)

Experience :

Belum ada mempertimbangkan opsi ini dalam itinerary, You know lah pejalan budget. Hehehe.. dan Mian nih belum bisa merekomendasikan operator car-rent nya, semoga habis ini ada yang akan endorse 😛

20160306_095049 ed

Kalian bisa intip – intip brosur ketika sampai di Bandara. Datang saja ke bagian informasi. Biasanya mereka menyediakan informasi berbagai operator penyedia jasa car-rent di Standing Info Commercial.

20150430_092122 ed

By Driving

Untuk yang memutuskan akan driving di korea aku ucapkan SELAMAT dan WOW!! (kapan – kapan ajak aku ya)

Kenapa? Karena banyak persyaratan yang harus kalian lengkapi untuk bisa menyetir di korea ala oppa di drama Korea gitu. Kalian bisa cek persyaratannya disini ya atau disini.

The largest car rental services are Lotte Rent-a-Car and AJ Rent-a-Car. Both companies have branches throughout Korea and the services are clustered around the major traffic points.

Jangka waktu penyewaan dari 1 jam sampai 1 minggu, dari harga 53.000 KRW – 76.000 KRW (type : Compact Mobile for 4 seat). untuk penyewaan satu bulan mereka memiliki harga tersendiri, silahkan kontak Car-Rent Provider ya

For reminder, Korea memakai stir kiri dan hanya  berlaku untuk Geneva & Vienna Conventions Members. Sayangnya Indonesia gak termasuk  :p

+ KECE! :p

+ Very Mobile for person who needed it, very tight schedule person and berada di seoul untuk jangka waktu yang lama. Apalagi untuk business trip.

– MAHAL

– Indonesia bukan termasuk Geneva/Viena Member

– Persyaratan ketat! Seketat celana skinny jeans!

Experience :

Nanti kalo ada yang ngajak nge-car di Korea baru bisa cerita, siapa tau ada yang mau endorse ! ;P

b26a191d7e2ee8f327ac5d299197a9f0

By Nami Tour Buss

Ini Opsi menarik lainnya, tinggal duduk nyess, trus melamun, atau bobok cantik. Perjalanan dengan buss selama ±70-90 minutes. Bis ini berangkat setiap hari, once a day (round trip). Berangkat 09.30 dan kembali ke Seoul 16.00.

Bus Schedule.
  • Departure time from Pagoda park (탑골공원) and Jamsil (잠실) – 09:30
  • Departure time from Nami island to Pagoda park and Jamsil – 16:00
Shuttle bus stop :
  • Pagoda park (탑골 공원)  in Insa-dong : Between Jonggak station (종각역) : Take exit 3 and Jongro 3-Ga station (종로 3가역) Take exit 1.
  • Front of Lotte Mart near Jamsil metro station(잠실역)
How To Buy :
  • Internet booking : Here is booking page (click here) . They take credit card here. But only domestic card is available (Visa, master card etc any overseas credit card is not available) and service only in Korean.
  • Ticket booth : You can buy directly from ticket office in Insa-Dong (인사동) 2nd floor of the building. Cash or domestic card (No oversea card, such as visa or master card) is available.
  • Nami Island Seoul Center 500M dari Jongak Station gate 3,  Operating Hours  09:30 – 19:00 everyday.
  • At sight of the bus driver : You need to buy ticket at least 15 minutes prior to departure. Only cash is available. Notice, if bus is fully booked, you can not buy ticket
  • Calling : 02-753-1247 (For overseas calls, +82-2-753-1247. English reception is available. After booking, You need to settle payment through bank transfer.

+ One of best choice gak pake pusing, dan kalian bisa sight seeing sepanjang perjalanan.

+ Langsung tiba di NAMI DOCK, dan mereka juga melayani pembelian tiket ferry ke nami (harga paket dengan tiket buss PP) dan tentu lebih murah daripada beli terpisah.

– More Expensive Dibandingkan dengan naik kereta, harga  termasuk “mihil”.

– Limited Time Kalo kalian beli tiket PP tentu waktu kalian akan terbatas hanya sampai jam 16.00 TENG!

– Untuk ke Petite France dan destinasi lainnya disekitar Nami kalian beli tiket biss lagi, tentu dengan bis yang berbeda, Gapyeong Tour Buss.

Kehabisan Tiket, (kemungkinan) kalo beli on the spot.

Experience :

Dulu sempat mau berangkat dengan Nami Tour Buss, Round ticket + entrance fee : KRW 23,000 (Entrance fee for Nami island is KRW 10,000 for adult. So it is slightly cheaper to buy this ticket). Kalian bisa beli tiket one way kok, tidak harus round trip/PP. Kalo kalian yang memutuskan untuk membeli tiket round trip/PP harap di ingat biss akan kembali ke Seoul jam 16.00 TENG!!!

Sewaktu memilih opsi Nami Tour Buss aku memilih untuk book ticket terlebih dahulu, dengan datang sehari sebelumnya untuk memastikan perjalanan kalian aman!

“Travelling shouldn’t be just a tour, it should be a tale.”

Amit Kalantri

20150503_062343 ed blog

By ITX

Jika kalian memilih opsi  menggunakan ITX, atau kereta cepat Seoul, bisa melalui Yongsan Station atau Cheonggyanni Station ke Gapyeong Station (stasiun terdekat ke Nami)

20150427_110916 blog edite

You can buy the ticket in advance to secure a numbered seat. It is easily done online. You need to have a credit card or debit card to do this or just get to counter and paid by cash! Reserved here.

Yongsan Station, jika kalian berangkat dari stasiun ini akan memakan waktu ±55 menit dengan harga 5.200 KRW/dewasa dan  2600 KRW/anak satu kali jalan. Start from 06.00 till 22.44 dan sebaliknya.

Cheonggyanni Station, Jika kalian berangkat dari stasiun ini akan memakan waktu ±40 menit dengan harga 4.300 KRW/dewasa dan 2.100 KRW/anak satu kali jalan. Start from 06.16 till 23.00 dan sebaliknya.

Jangan lupa cetak booking confirmation dan bawa bersama dengan paspor kamu ke stasiun yang telah kalian pilih,

The best Choice so far!

+  Fastets and convenient so of course nyaman sekali! and no Transit!

– Untuk kemudahan dan booking jauh hari harus menggunakan credit card

20150502_211518 ed blog

Experience :

Pesan lah tiket satu hari sebelumnya, karena terkadang pada hari H tiket telah terjual habis. Kalian bisa pesan online, tentu nya harus memiliki CC, atau pesan di counter/selfticket di stasiun yang melayani keberangkatan itx/ktx.

Jangan lupa cetak fisik booking confirmation kalo pesen dan bayar via web! Di stasiun mereka tidak memiliki dan tidak akan meminjami kalian mesin printer! Trust me! Print lah 2x untuk berjaga – jaga dan simpan terpisah!

20160307_234834

By Subway

Ini adalah salah satu opsi bagi kalian yang kehabisan tiket ITX dan Bus. Rutenya : go to Sangbong Station (Line 7 / Gyeongchun line / Jungang Line) get away to Gyeongchun Line and stop di Gapyeong Station. Berikut Map Seoul Subway.

Perjalanan yang akan kalian tempuh sekitar 1 jam 49 menit, dari Stasiun Seoul sampai Stasiun Gapyeong melewati 26 stasiun dengan harga T Money 2.250 KRW or Cash 2.350 KRW.

+ Adventure! Membuat kalian belajar turun naik subway ala drakor :p

+ Alternatif murah lainnya!

+ Pemandangan dengan subway melewati daerah – daerah cantik. 🙂

– LUAMA!  LELAH LESU BHAY!

mg_7974

Buat kalian yang menggunakan Buss/Subway/ITX kalian akan berhenti di Gapyeong Station/Gapyeong terminal (jaraknya hanya 500m). Dari sini kalian  transfer menggunakan biss lokal,  Gapyeong Tour Buss atau taksi.

Experience :

Experience kali ini menggunakan subway, Memang sih lumayan lama, karena sering berhenti dan  akhirnya sempet ketiduran juga, tapi opsi bagi kalian yang ingin hemat, dan menjelajahi subway kota seoul. Selain itu kalian bisa juga melihat pemandangan yang indah sepanjang menuju Nami ataupun arah sebaliknya.

20150427_180907 ed blog

Untuk kalian yang berkesempatan ke Morning Calm Arb tidak perlu kembali Gapyeong Station, kalian bisa naik melalui Cheongpyeong Station untuk kembali ke Seoul. Tapi diperhatikan kembali kalo kalian telah membeli tiket kereta ITX pp dari Gapyeong terpaksa kalian harus kembali ke Gapyeong Station. Bagi kalian yang menggunakan Seoul Metro Subway opsi naik di stasiun ini bisa dipertimbangkan.

Ollrite, semoga cukup membantu dan memberikan bayangan perjalanan dan pilihan transportasi kalian nanti ya! Don’t  hesitate to ask me ya! Next post, aku akan lebih mengupas 3 tempat wisata yang sebelumnya sudah aku sebut diatas tadi ya! So, anyyeong...

IMG_0850blogedit

Cheers 💕,
Mendys

Iklan

8 comments

  1. Halo, this is a very helpful blog for my next week trip to Korea. Tapi ada yang aku bingung nih, yang dari Stasiun Yongsan ke Gapyeong itu kan emang menggunakan ITX (aku liat di apps Subway) jalurnya juga Sangbong then Gapyeong. Tapi in this blog you said “salah satu opsi bagi kalian yang kehabisan tiket ITX dan Bus. Rutenya : go to Sangbong Station (Line 7 / Gyeongchun line / Jungang Line) get away to Gyeongchun Line and stop di Gapyeong Station.” Ini dengan kereta berbeda/Line biasa atau gimana ya? Karena jalurnya sama dan di apps tertulis pake ITX juga yang itu. Thank youuu

    Suka

    • Hai Nabila, Iya ini dengan kereta subway biasa. Kalo ITX kan hanya distasiun2 tertentu yang hanya melayani pemberhentian ITX.

      Nah kebetulan Gapyeong ini dilalui ITX dan kereta Subway Biasa. Tapi bedanya kalo kalian naik subway ya lebih banyak berhenti dan tempat duduknya ky KRL biasa. Kalo ITX duduknya ber2 gitu. Semoga membantu ya

      Suka

  2. Halo kak, terimakasih, sangat membantu blognya, tadi aku udah coba pesen ITX sudah sampai tahap konfirm book, yang aku bingung tidak ada pembayaran gitu, cuma isi no. CC dan tgl Exp nya, apa pembayaran di stasiunnya? Saya ragu kalau tiket yg saya pesan tidak berlaku sedang sudah terlanjur kesana.

    Suka

    • Iya gak papa itu udah terbook koq. Nnti ada konfirmasi via email. Trus print nanti kamu ke stasiun untuk nukerin sama tiketnya, bisa satu hari sebelum keberangkatan. Sama bawa cc yg sama kamu yang dipakai buat reservasi ya. Remember buat print konfirmasi ya, mereka ga terima gaya “ngeliatin reservasi” lewat hp. Semoga membantu

      Suka

    • GAK AKAN! Ga ribet dan ga akan aneh. malah bakal jadi hal yang menyenangkan. naik sepeda, makan es krim. there is so much things to do. tapi ya kalo mau moto2in ala2 sih gak ada. paling mnta tolong. but I’m really sure you will get more ME TIME

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s