Duh, Udah Lama Gak Nyinyir Rambut Nih!

IMG_3918edblog

Tulisan kali ini terinspirasi dari komen – komen dipath dengan teman soal nyinyir.

Gak tau sejak kapan trend nyinyir ini mulai berkembang, (sebenarnya sama dengan nyindir gak sih? #benerannanya ) tapi katanya cukup meresahkan, bahkan sampai pak Jokowi juga sempet memberikan komentar buat para anak muda agar melakukan bermanfaat dari pada nyinyir. #PresidentGaul

Jadi inget, 1 minggu yang lalu, temen curhat mengenai keresahannya di nyinyirin. Sebenarnya agak surprise, karena menurut aku dia adalah tipe orang yang akan dicintai secara nasional. :DD Jadi ketika dengan curhatan, apalagi datangnya dari kaum adam mengenai keresahaan di nyinyirin membuatku agak sedikit tergelitik untuk bertanya. Kenapa ada orang yang dinyinyirin dan siapa yang suka nyinyirin orang lain?

  • Kalo dilihat dari sifat, aku belum menemukan suatu nyinyiran dialamatkan dengan pesan dan manfaat positif.
  • Dilihat dari segi pembuat nyinyiran, biasanya anonim, hidden, labil atau biasanya orang yang kurang kerjaan.
  • Dilihat dari obyek yang suka dinyinyirin biasanya sebagian besar orang – orang yang punya suatu keunggulan yang bisa menimbulkan rasa iri. Biasanya nyinyir gak akan berkembang kalo ga ada followers! jadi Biasanya ini dilakukan orang – orang yang memiliki kesamaan entah dari segi motif, keadaan jiwa, atau sama – sama gak ada kerjaan selain nyinyir.

Justru orang – orang seperti ini memiliki kecendrungan menjadi stalker, karena dia berusaha menghimpun berita – berita atau kejadian nyata dan juga diketahui orang banyak, kemudian memolesnya agar terlihat menjatuhkan dan kemudian diceritakan kembali dengan bumbu – bumbu penuh drama.

IMG_1353bl

Kenapa bagi beberapa orang, terutama subyeknya, ini terasa meresahkan?

Mungkin bagi beberapa orang dengan perasaan halus mudah ter”sakiti” dengan pemberitaan tidak benar mengenainya, ditambah dengan banyaknya followerย yang berkoalisi. Atau bahkan sudah dalam level mengenai fisik dan perlakukan tidak menyenangkan lainnya . Nah kalau ini sih sudah dalam tahap bahaya (ini namanya LEVEL BULLYING), kudu didatengin orang nya satu – satu trus disepak ย #eaaaapreman

Tapi sepanjang pengamatan, biasanya pembuat berita nyinyir ini jarang melakukan serangan secara aktif didunia nyata, atau langsung ke personal atau ngajak duel satu lawan satu. Karena sebenarnya dalam hati nya tau bahwa berita yang dia sebarkan tidak benar. Sebenarnya ya logikanya kalo memang ada sesuatu yang salah, ya harusnya langsung ngomong ke orang yang bersangkutan, bukan spread berita2 yang gak aneh – aneh.

Mungkin ada beberapa yang bener, tapi bukan hal kaya gitu jadi menyebarkan aib orang lain ya? toh pada dasarnya kalo orangnya ga bener, orang juga enggan deket2 sama dia tanpa perlu kamu ikut andil menyebarkan isu. Hati – hati loh kemakan isu sendiri!

netizen-sindir-jokowi-dengan-tagar-dan-meme-bukan-urusan-saya

Tapi kak kalo kita ga kasih tau orang lain, nanti orang – orang itu gak tau dia begini begitu!

wahh yang nanya begini mesti jiwa sosialnya tinggi sekali, sampai mengkhawatirkan orang lain. ๐Ÿ˜›

Hidup itu harus memiliki prioritas, mana yang harus dikhawatirkan mana yang tidak. Begitu juga siapa saja yang harus dikhawatirkan. Seperti aku, Aku khawatir tuh kalo abang sate kambing depan kostan lama pulkamnya #eaabedakasus

Misal : Kita mengetahui tentang sesuatu yang tidak baik tentang A dalam melakukan menyimpan uang, kemudian kita mengetahui si B, Temen Dekat kita, akan berurusan pinjam meminjam dengan si A, kita boleh saja memperingatkan bahwa si A agak teledor dalam hal keuangan. sudah! keputusan tetap ada di B. Ini kita sebut dengan LEVEL CARE!

Kita tidak boleh memaksakan sesuatu, apalagi menambahkan drama2 kadarshian didalamnya. kita tidak perlu cerita ke C, D, E, F yang kemungkinan kecil berurusan dengan A. Nah ini LEVEL NYINYIR! Apalagi kalo masalahnya udah merambat ke personal!

Misalnya : Jangan main sama si A, dia jutek banget! (berasa skrip genk anak SD)
Bisa aja dia jutek sama kamu pada saat dia lagi dapet, atau kamu keterlaluan bau ketek trus dia jutek. Kalau masalah personality, harusnya kamu gak suka ya udah gak usah dideketin Beres!

WhatsApp Image 2017-03-14 at 10.27.19 PM

Jadi apa yang harus dilakukan ketika ada yang spread negatif tentang kita

Cuekin aja. Ikutin tuh prinsip idup Incezz Syahrini. SANTAI SHAY! Kalau memang gak bener kenapa harus diambil pusing. Selagi hal tersebut tidak menyerang secara fisik, acuhkan saja! Jangan terlalu mengkhawatirkan pendapat orang lain tentang kita, apalagi orang2 yang tidak terlalu berkepntingan, ketemu juga di lobby satu dua kali ngapain dipikirin.

Tapi kak, Hal ini menganggu banget, aku selalu mendengar orang membicarakanku?

Yang ngomong ke kamu siapa tentang berita itu? temen? tetangga? apa satpam kantor?

Kalo temen, kasih tau temen kamu. Tolong jangan beritahu hal – hal negatif yang orang bicarakan tentang kamu. Block berita – berita negatif, komen – komen alay sebisa mungkin. Kalo benar bener teman pasti mengerti hal ini. Tapi kalo gak, waspadai jangan2 temen kamu ini bukan teman kamu yang sesungguhnya. You know what i mean?;)

Tahu kah kalian, obyek nyinyiran ini biasanya lebih baik dari yang nyinyirin. Kalo aku boleh ambil kesimpulan, orang yang suka nyinyirin hidup orang lain, hidupnya ada kesalahan, dia berusaha menyembunyikan dengan mengalihkan perhatiannya kepada orang lain yang hidupnya sesuai yang dia harapkan. GITU!

DSCF2548z blog

โ€œNever explainโ€•your friends do not need it and your enemies will not believe you anyway.โ€ โ€• Elbert Hubbard

Disisi lain sebenarnya kita juga perlu dinyinyirin, loh?

Bagi orang yang pertama kali mengenalku, pasti akan bilangnya jutek dan sombong. Karena aku cuma diam saja tanpa senyum atau aku jalan selalu cepat. Aku sadari memang waktu itu aku hanya mau bicara dengan orang – orang yang aku kenal saja. Bukannya sombong, tapi emang sebenarnya aku pemalu (pasti habis ini banyak yang protes :p), dan bingung mau ngomongin apa, Aku gak terlalu bisa berbasa basi. DULU!

Setelah mendapat beberapa nyinyiran yang juga sempet bikin kuping merah, setelah ditelusuri ternyata awal akar masalahnya karena aku kurang bergaul dengan mereka, kurang membuka diri. Jadi setiap apa yang aku lakukan seperti menantang dan mereka berasumsi sesuai keinginannya.

20151224_114330d

Orang yang suka nyinyirkan memperhatikan setiap kekurangan kita ( walo ditambah dengan bumbu drama ) ini sebenarnya bisa jadi sarana untuk kita instrospeksi diri. Kita gak mungkin 100% sempurna, mungkin ada hal – hal yang bisa kita perbaiki dalam konteks Humanis ya. Artinya agar sosialisasi dengan orang berjalan baik. Mungkin sebenarnya masalah pembuat nyinyiran itu sepele, karena ketidak pekaan kita aja terhadap lingkungan. Mungkin yang nyinyirin itu pengen jadi temen kita. :))

48413755

Kembali lagi, kita tidak akan bisa menyenangkan semua pihak! Serajin apapun bawang merah, atau secantik apapun cinderella, tetep aja ada yang gak suka. It’s NATURAL!

Analogikan dengan apel merah yang manis, belum tentu semua orang suka. nanas yang asem dan kecut belum tentu juga semua orang akan menghindarinya. Kita tidak bisa memaksakan semua orang menyukai apa yang kita lakukan, walau kita sudah berusaha sebaik- baiknya. Mungkin dia lebih suka dicambuk – cambuk :DD

IMG_3683

So, jadi lah pribadi yang tidak mengganggu hak orang lain, dan naik tanpa menginjak orang lain #tsadest . Be the best kind of yourself ya! ๐Ÿ™‚

Cheers ๐Ÿ’•,
Mendys

Tulisan ini pendapat pribadi yang penuh dengan penilaian subyektif dalam perspektif penulis berdasarkan pengalaman dan pengamatan. Unsur lain mungkin akan mempengaruhi kejadian yang dialami oleh setiap orang. Tulisan ini diharapkan mampu memberikan dampak positif, syukur – syukur bisa berbagi pengalaman kepada yang lain biar kaum nyinyir tidak berkembang biak seperti kecoak yang bisa terbang. Tau kan kecoa terbang itu menakutkan?

Iklan

6 Comments Add yours

  1. gilak itu foto aku gede banget kamend, mana begitu lagi bentukannya! hahahhahahha

    Dekcin
    apriljournals.blogspot.co.id

    Suka

    1. mendyways berkata:

      hahaha.. pas banget kan ekspresinya ke org yang suka nyinyir hahaa

      Suka

  2. SANTAI SHAY! dan tetep aja bekerja dan berkarya! Udah bukan jamannya lagi mikirin nyinyiran orang~~~
    Btw nice talk kamend, as always! ๐Ÿ˜€

    Dekcin,
    apriljournals.blogspot.co.id

    Suka

    1. mendyways berkata:

      thank adek!keep support each other yaaa :*

      Suka

      1. Cindyattha berkata:

        Pastinyaaaahh ๐Ÿ˜˜

        Suka

      2. mendyways berkata:

        Let’s UP together dekcin! Amiiinnn!!

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s