[Personal] – Find Peace in Stress

Stress saat ini menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari dan tidak memilih usia, jenis kelamin, ataupun profesi. Entah seberapa sering kita mengucapkan “ah aku stress” atau penggunaan kalimat lain yang mungkin bisa dikategorikan sebagai ungkapan stress.

Buruk kah stress tersebut? Nope! Stress dalam kadar tertentu diperlukan oleh tubuh sehingga tubuh dapat berespon dengan benar untuk mengantisipasi bahaya. Tetapi stress apabila tidak di atasi, maka akan mengganggu kehidupan kita baik secara personal ataupun sosial.

Stress adalah perasaan dibawah tekanan secara emosi maupun mental.

-source : NHS.UK/Condition

Bahayakah Stress itu?

Stress yang tidak dikendalikan maka akan memberikan efek terhadap fisik, psikis dan mental secara berkelanjutan. Pernah kalian merasa tiba – tiba pusing, atau menjadi lebih sering “kebelakang” tiba – tiba saat harus presentasi? atau kalian menjadi malas makan ketika habis putus cinta? atau kalian harus memukul sesuatu ketika marah ?

DCIM100MEDIA

Yes, That’s what I mean mempengaruhi secara fisik dan psikis. Banyak contoh lain, karena setiap orang memiliki respon yang berbeda terhadap stress. Kalau masih dalam tahap ini, kalian masih bisa melakukan self-healing, asalkan kalian tanggap terhadap stressor (hal yang memicu stress) apa saja yang mempengaruhi kalian dan tindakan apa yg harus kalian lakukan terhadap stressor tersebut. Tentu saja hal itu tidak dapat diidentifikasi dalam satu hari even when you going to phys 🙂 dan semakin lama stressor semakin banyak/semakin luas seiiring dengan perubahan lingkungan dan umur.

Aku pun  memerlukan waktu sekian lama untuk menemukan stressor ku. But, kalian tidak perlu menghabiskan waktu yang lama seperti ku untuk menyadari dan menemukan stressor kalian. I  will make it short for you. 🙂

1469546718737

Ketika sesuatu itu membuat mu kepikiran dalam jangka waktu yang lama, THAT’S IT STRESSOR! Write it down! and give some space below for the solution.

Mungkin kalian tidak akan mendapatkan solusinya secara langsung, ataupun akan mengalami perubahan pada suatu nanti ketika solusi itu mulai tidak berasa efeknya. Bahkan untuk satu stressor, aku memiliki 10 solusi yang selalu aku update saat aku merasa solusi sebelumnya tidak cukup ampuh untuk membuatku merasa lebih baik!

img_4444blog

Stress itu hanya bisa di sembuhkan dengan kebahagiaan

Aku tidak akan mengatakan sesuatu cheesy like “BERSYUKURLAH” tentu saja apa yang terjadi harus kita syukuri.

Tapi untuk suatu kondisi menurutku kalian tidak akan mengerti kata dari “bersyukur” kalo kalian tidak bahagia. Yang ada kalian akan mengernyitkan dahi dan bilang “iya iya bersyukur” dan hanya tinggal kalimat indah “BERSYUKUR” tanpa mengerti makna nya.

So, bagaimana menemukan kebahagian? bukan kah kebahagian itu abstrak dan luas sekali, banyak hal yang bisa dikategorikan bahagia? It’s your task, FIND YOUR DEFINITION OF HAPPINESS!

Bagiku hal yang membuat bahagia adalah dengan pergi ke dance studio and dance like crazy, pergi berkegiatan sosial, tenggelam dengan mengedit video, atau pergi travelling!

So how to find out? EXPLORE! karena belum tentu yang membuat aku bahagia akan works kepada kalian!

img_7129s

Do something!

I really push you to do something, secara fisik! Ketika kita stress otomatis otak kita akan tersita untuk memikirkan hal tersebut, salah satu cara untuk mengalihkannya adalah melarikan terhadap sesuatu! Misalnya pergi berolahraga, pergi kuliner, dance, menyanyi, traveling. Nah ini harus kalian identifikasi juga! Cari lah suatu kegiatan yang membuat kalian nyaman secara personal dan cepat untuk dilakukan. Ingat kegiatan positif ya! 🙂

hk3blog

Get Out from Your Comfort Zone, Get up You Adrenaline!

Ini aku percaya banget akan membantu kalian melupakan stress kalian lebih dari 90%! Karena dengan memicu adrenalin akan membuat otak kalian bekerja lebih keras dari perasaan, karena sebenarnya stress itu keluar dari perasaan. dan saat kita stress otak kita kalah dibandingkan perasaan. :))

Dengan melakukan suatu kegiatan yang tidak pernah kita lakukan sebelumnya dan kita berhasil melakukannya, kita akan merasa merasakan sesuatu kepuasaan yang belum pernah kita rasakan. Sesuatu yang dirasakan pertama kali pasti akan lebih berkesan kan!;)

img_8236

Kenapa tidak ada saran untuk Beribadah kepada Tuhan kak?

HEY! itu bukan suatu opsi! itu adalah hal yang harus kalian lakukan setiap saat, selagi kalian bernafas. Karena di dunia ini tidak ada yang memiliki kuasa selain dari Tuhan. Remember, Pray to GOD is not an Option!

Apapun yang terjadi di dalam hidup kita adalah membuat kita tetap merasa hidup dan tumbuh,dan sebenarnya apapun yang kita butuhkan ada didalam diri kita sendiri. Kita hanya perlu mengexplore dan mengenali diri kita lebih jauh. bagaimana kita bisa menghabiskan hidup kita dengan diri kita kalau kita tidak mencoba berdamai dengannya? So, Find Peace in your Stress 🙂

Cheers 💕,
Mendys

Tulisan ini bukan lah pendapat ahli. Penulisan berdasarkan penarikan kesimpulan dari pengalaman dan pengamatan yang diungkapkan secara pribadi. Hal ini tidak bisa di generalisir secara spesifik terhadap seseorang. Please be wise!

Iklan

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s