Pemerkosaan dalam Group Chatting

Kemajuan internet memang menyadarakan bahwa jaman menjadi memang borderless, ditambah dengan maraknya berbagai social media platform. Teman lama bisa bersua kembali, teman ada dimana menjadi pengisi relung hati, mantan lama bisa jatuh cinta kembali. #eh

Perbincangan, pertemuan secara maya sekarang menjadi intens dan beralih menjadi platform Chat Group. Sekarang buka hal yang aneh lagi setiap aplikasi chating yang dimiliki setiap orang di handphone memiliki minimal satu group chat. Baik sang empu secara sukarela masuk dalam group tersebut, atau terpaksa dan akhirnya terjebak.

Kenapa Terjebak?

Kenapa merasa terjebak? Apakah gampang tinggal kita leave saja group tersebut?

Andai berbuat segampang berbicara. 🙂

group-chat-etiquette

Sebelum leave group tentu nya kita harus memiliki alasan kuat dan tidak menyakiti orang tertentu, terutama yang mengundang. Biasa nya alasan yang dipakai adalah RUSAK! Hape rusak, aplikasi chat rusak, dan otak yang rusak. walaupun tidak menutup kemungkinan itu sebenarnya benar – benar terjadi. Tapi sebagian besar adalah alasan yang paling aman, dan un·con·trol·la·ble ! Hanya aplikasi chat dan Tuhan yang tahu!

Sebenarnya ada beberapa orang yang frontal dan leave saja pada suatu grup tertentu, dan akhirnya menjadi pergunjingan, bahkan lebih parahnya terjadi “pengucilan” atas orang tersebut. Ada bentuk yang lebih makhluk halus, keluar dengan pamitan. Tapi dipungkiri atau tidak tetap saja ada suatu rasa gemitik dalam hati diantara beberapa orang dalam group tersebut, berbumbu sinetron apabila didalamnnya ada genk nero penguasa yang secara kasat mata menjadi penguasa group tersebut. Suka tidak suka pasti akan ada perubahan sikap antara orang tersebut.

Sebenarnya group-chat didasari dengan niat baik. Bahkan dalam pekerjaan dibentuklah Small Groups yang mempermudah koordinasi atau suatu kegiatan yang mana orangnya TERSEBAR, atau  pemberian informasi yang sifatnya LUAS.

Sebenarnya yang lebih annoy sih adalah ketika grup yang pada awalnya diperuntukkan untuk koordinasi penting menjadi ajang persilatan foto – foto yang kadang – kadang bikin IYUH atau ketika terjadi Penyebaran informasi salah, berbau SARA dan Provokasi. kita yang mulanya tergesa – gesa membuka group sekiranya ada informasi penting menjadi “kecewa” , dan ketika akhirnya kita mulai mengacuhkan ternyata ada informasi penting yang akhirnya tidak diketahui karena tenggelam bersama chat – chat penuh cekakak cekikik ga jelas. Estetika dari group sendiri pun menjadi hilang. Anywy, aku heran itu sama orang – orang yang punya stok foto dan kutipan – kutiapn panjangnya kek koran yang bisa muncul dalam hitungan detik. Seharusnya mereka menjajajal profesi wartawan saja dengan kemampuan seperti itu. 😛

Kenapa saya sebut PEMERKOSAAN?

Perkosa.kb Menundukkan dengan kekerasan; memaksa dengan kekerasan
Pemerkosaan.kki Proses, perbuatan, cara memerkosa; pelanggaran dengan kekerasan

Penggunaan kalimat Ekstrim ini adalah suatu bentuk protes keras karena ada nya pemaksaan / tanpa ijin memasukkan seseorang dalam suatu lingkaran orang atau informasi yang tidak diinginkannya, dan atau tindakan yang membuat orang terpaksa agar tetap didalam lingkaran tersebut.

Sayangnya ada beberapa aplikasi chat yang otomatis memasukkan kita dalam sebuah group tanpa sepetahuan kita akhirnya kadang membuat kita terpaksa stay. #STAYWITHME

Ketika kalian diposisi yang sama apa yang harus kalian lakukan?

  • Tidak memiliki keberanian untuk leave karena suatu alasan tertentu, biarkan saja, mute group dan jadilah silent reader. Kalian bisa buka pada kondisi tertentu agar tidak menumpuk, atau membuat HANG OVER HAPE. Tapi ini bukan menjadi solusi juga, karena sedikit tidaknya Kuota internet dan memory hape akan terpakai untuk suatu hal yang tidak kalian rasakan manfaatnya.
  • Keberadaan group tersebut sudah dalam tahap menggangu, Exit Group saja!karena tidak ada suatu keharusan untuk berada didalam situasi atau lingkungan yang membuat kita tidak nyaman tapi lakukan lah dengan sopan, Setidaknya ada itikad baik.
  • DELETE Aplikasi chat tersebut! Kalian menjadi tidak usah berbohong, silent rider, atau mencari alasan untuk tidak berpartisipasi dalam group tersebut.

Bukan aku tidak setuju dengan penggunaan group dalam bersosialisasi, kadang penggunaan group chat bermanfaat ketika mendiskusikan suatu kegiatan/hobby dan anggota nya secara sukarela terlibat dalam percakapan. Tapi tentu saja ada etiket yang harus di mengerti semua anggota group. Remember Smart Mobile for Smart People!

dan ah.. tidak usah simpan banyak – banyak stok photo buat disebar di group ya! Mending waktu buat save and send foto buat kasih makan anak! #bhay

Cheers 💕,

Mendys

Iklan

4 Comments Add yours

  1. Dekcin berkata:

    Been thereeee!!!! hahahahahah. cuma kesini nya makin dont care, kalo ga cocok sama group (like they dont give us positive vibes), ya tinggal exit aja tanpa mikirin alasan babibubebooo~~ kalo ditanya kenapa, jawabnya “ga cocok aja sama obrolannya”:p

    Suka

    1. mendyways berkata:

      Hahahaa dekcin!! Bener kan kalo sdh terlalu annoy berasa mengganggu banget. Pa lagi kalo ada group chat bu ibuk pak bapak dikantor. Sharingannya kadang dari sekian ribu send org2 dan dforward tnpa pikir ulang. Menuhin memori aja. Hha

      Suka

  2. Bila berkata:

    Iyaaaa gw juga salah satu sumbernya grup chat grup 1 departmen dikantor, kadang isinya cuma candaan yg ga lucu & bully-an yg ga perlu 😢.
    Sempet beberapa kali ke pikir buat leave chat tapi namanya 1 department, yg ada gw mute aja 👉👈

    Suka

    1. mendyways berkata:

      Ya kan bener tuh.. 😂 bikin nambah dosa aja

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s