[T&T] – Urus Visa Korea Selatan mu Sendiri Yuk

Hello Escaper!

Bagi kalian yang mau show ke Korea Selatan, pasti namanya akan berhadapan dengan pengajuan Visa. Ya, karena Indonesia belum termasuk negara yang bisa mengunjungi Korea bebas Visa. Pertanyaannya Mau urus sendiri atau Via Agent?  Tergantung. Kalo kalian tidak tinggal dekat dengan Jakarta atau tidak memiliki waktu, silahkan gunakan Jasa Travel Agent, tentu harganya tidak sama dengan yang berlaku di web.  Tapi kalo mau urus sendiri sulit gak? GAK PAKE BANGET!

Berikut aku mau sharing soal pengalaman mengurus sendiri Visa Korea Selatan, tulisan kalian ini berdasarkan experience sendiri, sedikit bocoran, dan hasil ngobrol dan pengamatan pas di Kedutaan 😀

Perlu diingat berikut aku sharing tentang pengajuan “Visa Single Entry” ya #eaasingle #baper #skip

Untuk pengajuan visa tipe lain silahkan langsung ke website Kedutaan Korea :), tapi seharusnya tidak jauh berbeda escaper! So, let’s begin!

WHAT – Dokumen :

Berikut adalah dokumen minimal yang harus kalian lengkapi ketika pengajuan Visa :

1. Formulir Aplikasi Visa lengkap dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto dengan background photo PUTIH dan wajah menghadap depan, helm Full Face jangan miring2! ( Download Formulir )

2. Paspor Asli dan Fotokopi Isi Paspor

(Sebaiknya difotokopi saja semua halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi). Cek kembali masa berlakunya,minimum masih berlaku 6 bulan sebelum tanggal masuk ke Korea Selatan. Ada baiknya kita memperpanjang masa berlaku paspor bila sudah menjelang kadaluarsa (daripada bermasalah pada pengajuan visa, atau saat memasuki negaranya.)

3. Fotokopi Kartu Keluarga dan KTP, Kartu Keluarga/Akta Kelahiran, Fotocopy Buku Nikah (kalo sudah menikah)

Kalo belum punya buku nikah gak usah dipaksain ada ya! :p

4. Surat Keterangan Kerja dan ID Card bekerja Atau Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar, bagi yang masih bersekolah dan belum bekerja

Experience :

  • Ukuran foto yang disyaratkan? Di web mereka menyebutkan ukuran photo 4×6 sedangkan didalam formulir disebutkan 3,5×4,5.  Jadi? Apapun ukurannya mereka tidak menjadi masalah. Aku pernah mengajukan dengan ukuran 4×6 dan tetap diterima. Orang sebelah dengan ukuran 3,5×4,5 juga tidak menjadi masalah. Tapi tidak ada salah nya dipersiapkan saja!
  • Pernah ada experience juga liat orang potong ukuran photo 4×6 menjadi 3,5x 4,5 karena panik melihat mba – mba sebelahnya. dan tetep diterima kok foto hasil potong-memotong tersebut. Walaupun tu photo bener- bener isinya muka doang akhirnya. :DD
  • Gunakan Background photo putih ya!
  • Apakah photo nya harus terlihat bagian telinga? Bagaimana yang berjilbab? IYA, Bagian yang tidak berjilbab! di haruskan memperlihatkan bentuk mukanya secara jelas, Poni di angkat, dan rambut di sangkutkan ke belakang telinga. #bahasaapalagisangkut
  • Bagi yang berjilbab? Tidak! #auratbok! Yang penting bentuk muka kalian terlihat secara jelas. Usahakan jangan berjilbab dengan model yang aneh – aneh, dan bercorak. Jangan juga berjilbab warna putih, kaya mau ke pengajian. #yaksip
  • Maksudnya Bentuk Muka terlihat warna jelas disini adalah Bentuk Muka (Oval, Bulat, Kotak, Segitiga itu harus terlihat), Bentuk Jidat, Bentuk T-Zone Kalian ( Alis, Mata, Hidung, Bibir) dan bentuk Telinga.
  • Tanpa kacamata! Bagaimana softlens? Silahkan tapi jangan pakai softlense yang aneh – aneh dan bercorak keterlaluan, Misalnya warna putih, merah, biru, corak bunga sakura. Pliss.. ini buat visa bukan buat daftar pencarian bakat!

Tips :

Berfoto lah di tempat – tempat yang menyediakan pemotoan untuk pas photo Visa, Seperti Fujifilm (bukan iklan). Mereka memberikan garansi photo kembali!

Jangan lupa beri nama kalian dibelakang foto, walaupun pada akhirnya akan ditempel. Menghindari ada insiden tercabut #halah

5.Surat Keterangan Kerja dan ID Card bekerja Atau Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar, bagi yang masih bersekolah dan belum bekerja, dan ID Pelajar.

Surat Keterangan Kerja/Mahasiswa, ASLI, dibuat dalam bahasa Inggris dan ditandatangani oleh pejabat yang berwenang dari perusahaan/universitas.Pakai Materai? GAK PERLU! Bukan surat kawin.

Surat ini ini penting untuk memastikan bahwa kita hanya akan berkunjung ke Korea Selatan dan akan kembali ke Indonesia karena memiliki kewajiban bekerja di perusahaan.

Experience :

Perlukah menyertakan SIUP Bekerja? Ini masih menjadi pertanyaan. Untuk beberapa kasus untuk perusahaan yang meragukan legalitasnya akan di mintakan si SIUP ini.

Tips :

Pada saat pembuatan Surat Keterangan Kerja usahakan memuat KOP Perusahaan Asli yang memuat alamat, telefon dan alamat website. Alamat Website ini yang biasanya cara singkat untuk menemukan Legalitas perusahaan oleh pihak kedutaan.

6. Fotokopi Bukti Keuangan 

Karyawan : Rekening koran (tabungan) 3 bulan terakhir dan surat referensi bank, Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI.

Mahasiswa : Surat keterangan mahasiswa dan bukti keuangan orang tua dan Surat Izin Orang Tua.

Ibu Rumah Tangga yang masih belum memiliki pekerjaan/penghasilan: Bukti keuangan suami atau keluarga dan Surat Izin dari Suami.

Experience :

Perlukah surat izin dari orang tua dan suami? Memang tidak tercantum sebagai salah satu dari persyaratan. Tapi sebagai “hal yang meyakinkan” untuk para penguji Visa bahwa kalian memang diberikan izin oleh keluarga untuk bepergian.

Jangan lupa dalam surat tersebut berikan pernyataan bahwa suami/keluarga/orang tua siap menanggung biaya selama perjalanan, dan kalian akan pulang ke Indonesia pada tanggal yang telah ditentukan. Pergunakan lah Bahasa Inggris

Bagi yang telah bersuami, dan bepergian bersama suami, bisa minta buatkan dikantor suami.

FQA:

Q :Berapa saldo minimal di rekening?

A : Tidak ada jawaban pasti! Ada yang berjuta – juta tapi gak lolos. Ada yang ga sampe 2 digit lolos! Intinya sih usahakan rekening tabungan kalian 3 bulan terakhir benar – benar “hidup”! hidup disini artinya ada transaksi masuk dan keluar, lebih bagus lagi pakailah rekening yang biasanya untuk transfer gaji. Jangan tiba – tiba didetik terakhir masuk sejumlah uang trus tiba – tiba jadi gemuk. Daripada mencurigakan, atau perjalanan kalian ini juga disokong dananya oleh orang tua (walaupun telah bekerja) silahkan lampirkan rekening orang tua kalian, dan Silahkan tulis di formulir ppengajuan bagian “FUNDING DETAILS”

Mengenai Nominal: Usahakan isinya cukup untuk menjamin kehidupan kalian selama di Korea. Gunakan rumus : (Hari di Korea+3)x Rp 1jt. Misalnya kalian ke Korea 5 Hari, berarti persiapkan 8 juta didalam rekening kalian.

Inilah pentingnya kalian memasukkan itineray dengan lampiran tiket pesawat PP dan Bukti Hotel, pengalaman ku dengan Modal Rp 6jt untuk 10 Hari di Korea bisa lolos kok. Mungkin karena standar biaya diatas (Rp 1 juta) adalah termasuk penginapan. Soalnya penginapan di Korea tergolong lumayan mahal. Pokoknya itinerary aku kemarin memasukkan tiket PP dan printout Bukti penginapan dimanapun tujuan itinerary ku. 😀

7. Pendukung : Itinerary

Itinerary setidaknya memuat Daerah tujuan, Tiket Pesawat, Bukti pemesanan Hotel, dan bukti pendukung lainnya.

Experience :

Para penguji biasanya menyukai applicant yang memiliki kepastian. Itulah kenapa walaupun sebagian dari pendukung, itinerary ini menjadi bagian yang penting menurutku. Aku melengkapi itinerary ini dengan Fotocopy tiket pesawat (kalo bisa Pulang-Pergi) dan Fotokopi Voucher Hotel.

Untuk voucher hotel kalian bisa booking sementara lewat Agoda atau web lainnya seperti booking.com yang tidak mengharuskan bayar dulu sampai tanggal tertentu. #bukaniklan

Maksudnya?

Jadi di setiap pemesanan hotel (contoh agoda) kalian pilih opsi “BOOK and PAY LATER”. Setelah itu kalian akan mendapat konfirmasi pemesanan di Email kalian. Inilah yang kalian lampirkan. Alamat hotel tersebut bisa kalian gunakan dalam pengisian formulir aplikasi visa di bagian “DETAIL OF VISIT”

Walaupun pada nantinya kalian berniat untuk menginap di rumah teman! Hindari menyatakan akan berkunjung ke tempat Teman, atau menginap di tempat teman, Selain kalian akan diribetkan dengan Surat Pernyataan dari Teman kalian yang menginap dan dokumen kejelasan alamat dkk, Cukup bilang akan Berlibur! Gak usah gaya – gayaan!

Hal lain berbeda ketika kalian memang akan menghadiri acara di Universitas tertentu, silahkan lampirkan Undangannya. Menurut bapak – bapak yang waktu itu juga mengajukan visa ke Korea karena Undangan dari salah satu universitas, dia harus menyertakan undangan, kejelasan tanggal kegiatan, kapan kepulangan. dan kalo berencana pulang setelah acara kegiatan, akan diminta konfirmasi tempat tinggal selama di Korea dan Konfirmasi Tiket Pulang. Si bapak kudu datang 2x untuk melengkapi hal tersebut. Dan kudu cuti 2 hari untuk urus Visa nya :’)

Dokumen 1 -7 ini adalah kelengkapan dokumen yang aku persiapkan ketika pengajuan Visa Korea Selatan ku dulu, sebenarnya ada banyak dokumen – dokumen pelengkap lainnya, dan alternatif dokumen. But so far, dokumen diatas udah cukup kok buat lolos dapet Visa Korea Selatan.

Intinya pengajuan Visa harus menjawab keyakinan bahwa kita berniat berkunjung ke Korea Selatan dan memiliki kejelasan tempat menginap dan kegiatan yang dilakukan selama di Korea serta akan kembali pada waktu yang ditentukan. #mendysquote

WHEN – Jam Operasional

  • Hari Kerja : Senin – Jumat kecuali libur Resmi Indonesia tahun bersangkutan dan 3 Besar Libur Resmi Rebublik Korea yaitu Hari Pergerakan Kebebasan(Samil-Jeol) 01 Maret ; Hari Kemerdekaan Republik Korea 15 Agustus; Hari Kebangkitan Nasional Korea 03 Oktober.
  • Penerimaan Aplikasi Visa : 09:00~12:00 (Sebelum makan siang)
    Penyerahan Visa : 13:30~16:00 (Setelah makan siang)
  • Lama Proses Pembuatan Visa: 3-5 Hari Kerja (Proses bisa lebih dari 3-5 hari kerja jika dokumen dianggap belum lengkap dan interview jika dibutuhkan) (Update : per 21 Maret 2017 menjadi 6 hari kerja)
  • Selama Proses Pembuatan Visa, Paspor tidak boleh dipinjam apalagi di gadaikan!

Tips :

Perhatikan jam operasional dan hari libur Resmi Republik Korea yang berlaku di Indonesia (3 hari diatas).

Penerimaan aplikasi Visa di mulai jam 9.00, beberapa orang datang sebelum jam tersebut. Semakin pagi lebih baik. Pengambilan nomor antrian secara otomatis, dan mesin print baru dimulai ketika jam 9.00 dan akan mati ketika jam 12 siang. Biasanya orang yang datang terlebih dahulu mendapatkan nomor secara manual baru ketika jam 9 diberikan automatic numbernya.

HOW MUCH – Biaya

  • Single Entry Visa Korea untuk kunjungan dibawah 90 hari : USD 30 ( ≈Rp 520.000 )
  • Single Entry Visa Korea untuk kunjungan diatas 90 hari : USD 50 ( ≈Rp 780.000)

Experience :

Nilai IDR pengajuan Visa Korea bervariasi, tergantung kurs yang digunakan Kedutaan pada saat itu.

Pembayaran bisa di lakukan secara Tunai, dan pembayaran Banking dengan logo Visa. Sebaiknya persiapkan uang Tunai saja! Takutnya offline!

WHERE – Tempat Pengajuan Aplikasi

Gedung Konsulat

 

Untuk pengurusan visa, dilakukan di Consulat Section, yang berada di gedung sebelahnya (masih dalam kompleks yang sama dengan gedung kedutaan). Gerbang masuk nya pun tersediri, menjadi satu area dengan Korea Centre Building (bangunannya agak tua). Pintu masuk ke ruangan pengajuan visa ada dibagian belakang.

Lokasi :
Jalan Jendral Gatot Subroto Kav. 57, Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950, Indonesia Telepon +62 21 2967 2555

Untuk pengurusan Visa, teleponnya +62 21 2967 2580

https://www.google.co.id/maps/place/Kedutaan+Besar+Republic+of+Korea/@-6.2394929,106.830654,17z/data=!3m1!4b1!4m5!3m4!1s0x2e69f3c257196427:0x62a7d35accdcf10b!8m2!3d-6.2394929!4d106.8328427?hl=en

Transportasi :
Kendaraan Pribadi/Taxi
jika datang dari arah Semanggi menuju ke Cawang, sebelum RS Medistra sebelah kiri jalan dan sekitar 200-300m sesudah halte Transjakarta Tegalparang.
Transjakarta
TransJakarta Busway Pinang Ranti – Pluit (Koridor 9)
TransJakarta Busway PGC – Grogol 2
Berada setelah Halte Tegal Parang dan sebelum Halte Pancoran Barat
Angkutan Umum Lainnya
MetroMini 604 Pasar Minggu – Tanah Abang
MetroMini 640 Pasar Minggu – Tosari
Mayasari Bakti P 55 Grogol – Kampung Melayu
PPD P 54 Grogol – Depok
Agung Bhakti P 89 Blok M – Tanjung Priok
Kopaja S 612 Ragunan – Kampung Melayu
Kopaja S 616 Blok M – Cipedak
Mayasari Bakti R 57 Blok M – Pulogadung
PPD R 45 Blok M – Cililitan

HOW- Pengajuan Aplikasi

Setelah kalian melengkapi dokumen yang telah disebutkan diatas, masukkan dalam Map. dan pergi lah ke kebagian Konsulatnya, jangan kepasar #yaksip #sariminpergikepasar

 

Silahkan ambil Nomor Antrian di petugas satpam didalam ruangan, dan tunggu sampai nomor kalian di panggil. Terdapat 4 loket yang digunakan untuk melayani domestik dengan pembagian 2 loket untuk pengajuan visa perorangan (paling kiri) , dan 2 loket lainnya menerima khusus travel agent atau group ( disebut group kalau sudah > 10 aplikasi).

Sebenarnya penyerahan dan verifikasi kelengkapan dokumen awal tidak begitu lama,  yang lama ngantri nya! #suer . Tidak ada proses interview dalam pengajuan Visa Korea Selatan. Setelah di cek kelengkapan dokumennya, kita tinggal bayar langsung di tempat, dan kita akan mendapat kuitansi sebagai bukti penerimaan yang tercantum tanggal pengambilan paspor dan nanti akan diminta kembali pada saat pengambilan.

20160303_104000

Biaya visa tidak dapat dikembalikan apabila dibatalkan proses pengajuannya atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Korea.

Tips :

Kalau kalian pergi dengan jumlah lebih dari 2 orang. Usahakan melakukan pengajuan visa secara bersamaan. Pengajuan visa bisa diwakilkan secara kolektif kok ke salah satu orang yang berangkat. Atau kalo pun terpaksa kalian mengajukan tersendiri dalam lampiran itinerary kalian lampirkan Bukti Tiket Penerbangan yang memuat informasi orang yang bepergian (kamu dan temanmu). Katanya bepergian secara rombongan lebih disukai para penguji! Katanya biasanya lebih jelas 😀

HOW – Pengecekan Aplikasi Visa

Saat hari sesuai yang tercantum di Kuitansi, kalian pasti deg – deg ser mules ga karuan. Pengen tau apakah pengajuan kalian disetujui apa gak. Ada 2 Opsi untuk mengetahui apakah visa kalian disetujui atau tidak sebelum berangkat ke Gedung Konsulatnya.

Opsi Pertama, telepon ke nomor +62 21 2967 2580, Bagian Konsulat

Opsi Kedua, Cek pengajuan aplikasi visa kalian di Sini.
Pertama kali kalian membuka link bahasa default yang di berikan dalam huruf Hangul, oleh karena itu pilih dulu pilihan Bahasa Inggris di menu kanan atas.

screenshot_2016-10-13-19-23-21

Caranya,

Type  of Application : “Diplomatic Office”,

Pasport No : Masukkan nomor paspor kalian

Kemudian masukkan nama, dan tanggal lahir. Search! Untuk Kolom Nama : Mengisinya Nama Belakang-Depan-Tengah. Misalnya nama kalian A B C, masukkan C A B. Ini karena nama terakhir kalian dianggap sebagai nama keluarga. Bagi orang korea Marga adalah sesuatu yang penting.

Apabila aplikasi Visa Korea Selatan kalian masih di proses maka status nya adalah “Application Received”, lalu berubah menjadi “Approved” ketika passport  sudah resmi mendapatkan Visa.

HOW – Pengambilan Visa

Paspor dan Visa kalian dapat diambil pada hari kerja dari jam Jam 13:30~16:00 (Setelah makan siang) dengan menyerahkan Kuitansi yang telah diberikan sebelumnya. Tidak perlu mengambil nomor antrian, silahkan datangi loket yang ada tulisan “Pengambilan Paspor” tinggal masukkan bukti pembayaran di keranjang di depannya. dan tunggu nanti akan dipanggil. Kalau bisa jangan jauh – jauh dari loket, karena takutnya tidak terdengar. Prosesnya biasanya cuma sebentar.

Tips :

Ambillah sekitar jam 3, biasanya sudah tidak terlalu ramai. Kalo lebih dari jam stgh4  jam segitu biasanya udah macet  😀

MORE INFO

http://idn.mofat.go.kr/worldlanguage/asia/ind/visa/issuance/index.jsp

Bagaimana? Gampang kan… menurutku proses pengajuan aplikasi Visa Korea Selatan terbilang cukup mudah kok, jadi yuk buat Visa kalian sendiri. Get Ready Escaper! Annyeoonggg…

Cheers 💕

Mendys

Screenshot_2016-07-15-16-07-08-1-1 (1).png

Iklan

43 comments

  1. Hallo,

    Saya mau tanya,
    apakah jika mangajukan Visa Korea dgn kondisi alamat KTP/Paspor berbeda dgn alamat tmpt tinggal sekarang?
    apakah hal ini mjd kendala/pertanyaan buat kedubes ya?

    mohon pencerahannya .

    Suka

    • Gak koq, tulis aja alamat sesuai KTP nya. Aku juga waktu itu paspor nya keluaran imigrasi jakarta, ktp nya masih daerah. nnti ada di formulir visa yg harus kamu isi, bagian 4 ada kolom current residential, nah kamu isi disitu kalo beda sama alamat ktp mu. Semoga membantu yaaa

      Suka

  2. Dear mba,

    aku rencana ajuin akhir maret mba..
    tapi mau siap2in dari sekarang dan klo boleh kirimin dnk mba via email contohnya… atau saya bisa minta kontak untuk tanay2 lebih lanjut?

    Suka

  3. Dear Mbak,

    Terima kasih informasi soal visanya. Aku kebetulan juga akan mengurus visa akhir bulan ini. Aku ada beberapa pertanyaan, Mbak:
    1. Alamat KTP dan pasporku juga berbeda karena yang di paspor tertera alamat lama. Di form pengajuan visanya nanti perlu diisi dua-duanya ya?
    2. Untuk fotokopi paspor, yang difotokopi halaman yang mana saja ya, Mbak? Pasporku masih kosong soalnya :”)
    3. Ada poin di form pengajuan visa yang jawabannya dalam bahasa Indonesia (seperti nama universitas), diisinya menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris ya, Mbak?

    Terima kasih sebelumnya 🙂

    Suka

    • Hai Linda,

      1. Soal alamat KTP dan Paspos yang berbeda, Its okay! Gak Papa koq. nanti di formulir aplikasi Kolom 4 (Contact Information) 4.1 diisikan dengan alamat sesuai KTP. kemudian kolom 4.2 diisikan dengan alamat sekarang.
      2. Kalo masih kosong cukuplembar bagian depan yang memuat informasi pemilik paspor, halaman catatan pengesahan, 1 halaman paspor pertama, dan halaman akhir.
      3. Bahasa Indonesia aja. Cintai bahasa Indonesia. hehehe.. Jadi kalo nulis jalan, ya jalan saja ga usah di translate menjadi street he..

      semoga cukup membantu ya linda, Good Luck

      Suka

  4. Mbak,

    Kalau pengajuan visa itu jadi boleh diwakilkan ya, ga semuanya harus dtg? Saya berangkat masih lama Jan 2018 dengan suami dan anak2. Jadi nanti anak sama suami boleh ga dtg pada saat pengajuan ya mbak?

    Jika visa ditolak, kita bisa mengajukan kembali dengan melengkapi kekurangan dokumen. Untuk submit dokumen lagi apakah harus bayar lagi? Dan pengajuan dokumen kembali ini bolehkah dilakukan keesokan harinya?

    Satu lagi pertanyaan saya, kalau berangkat Jan 2018, kira2 pengajuan visa bisa dilakukan berapa bulan sebelumnya?

    Mohon infonya Mbak.

    Terima kasih sebelumnya.

    Suka

    • Hai Silvi,

      1. Soal Pengajuan Visa, boleh gak diwakilkan? BOLEH BANGET. Cukup diwakilkan boleh koq.
      2. Pengajuan Visa di tolak? Kamu boleh mengajukan 3 bulan kemudian. Usahakan dokumen WAJIB nya dilengkapi ya. Kalo mereka merasa kurang yakin, mereka akan menelfon kamu buat tambahan kelengkapan. Tanpa harus bayar kembali, selama dalam proses pengajuan Visa berlangsung.

      Tapi kalau pengajuan Visa sudah resmi ditolak, Kamu baru bisa apply 3 bulan kemudian.dan YA BAYAR LAGI.

      Setau aku kedutaan korea itu lumayan baik koq buat ngasih visa. Asalkan Dokumen WAJIB ada.

      3. Berangkat Januari 2018? Minimal sebulan sebelum berangkat sih. Tapi aku juga pernah koq 2 minggu sebelum berangkat, tapi ya mules – mules gak karuan nungguinnya. Aman sih 1 bulan sebelumnya, atau pengen secure 3 bulan sebelumnya.

      Semoga cukup membantu ya… Annyong…. Selamat berlibur di koreeeaa..

      Suka

  5. Halo kak, mau tanya, untuk Visa yang diatas 90 hari itu Visa Turis ya? Kalo kakak kmarin approved nya Visa brapa hari?

    Suka

    • Hai Dora. biasanya visa tidak lebih diatas 90 hari setau aku ya. kemarin aku di approve yang waktu nya 90 hari. tapi itu cukup koq buat liburan. kecuali kamu berniat untuk stay/study. berarti jangan ngajuin visa wisata ya. makasih udah mampir

      Suka

  6. Hi mba mau nanya.
    Yang dimaksud mengajukan visa secara bersamaan bagaimana mba?
    Misalnya saya pergi dengan suami & anak, apakah lampiran2 (KK, itinerary, tiket, penginapan, dll) cukup dilampirkan 1 saja atau di masing2 individu dilampirkan?
    Ketika dimasukkan ke dalam map, apakah cukup 1 map saja digabung atau tiap orang 1 map?

    Suka

    • Hi Friza,

      Iya cukup satu aja friza, nanti digabung aja jadi satu. nanti mapnya dibalikin koq, mereka terima kelengkapannya saja.

      Jadi nanti friza susun aja kelengkapannya, dan kasih tanda (misalnya pakai mark pronto itu loh, yang warna warni) misalnya penginapan, tiket, KK. jadi semacam pembatas gitu. trus klip deh dijadiin satu.

      tapi formulirnya dan foto disatukan ya per orang pengajuan visa. sisanya dijadikan satu saja. Soalnya nanti dalam formulir pendaftaran ada section yang detail of visit (sec 9.8) diisikan member yang berangkat bersama ke korea.

      Semoga cukup membantu ya friza 🙂

      Suka

  7. Mbak, mau tanya jika saya punya npwp, tp blm punya bukti spt tahunan bagaimana? krn saya br mulai bekerja akhir bulan des 2016 , dan br memiliki NPWP padabulan maret 2017, dan tgl keberangkatan saya bulan sept 2017 , spt tahunan saya kan br akan di cetak bulan maret 2018 , mohon advice nya…

    regards
    Erik

    Suka

  8. Mbak, mau tanya jika saya punya npwp, tp blm punya bukti spt tahunan bagaimana? krn saya br mulai bekerja akhir bulan des 2016 , dan br memiliki NPWP padabulan maret 2017, dan tgl keberangkatan saya bulan sept 2017 , spt tahunan saya kan br akan di cetak bulan maret 2018 , mohon advice nya…
    regards
    Erik

    Suka

    • Hai Erik, soal SPT ini memang baru di syaratkan tahun kemarin. Mungkin erik bisa minta bukti potong pph 21 di perusahaan erik di bulan januari 2017. karena bukti potong biasanya dikeluarkan baik memiliki npwp atau gak. bedanya kan cuma pada persentase pemotongan saja.

      lagi pula ini akan di dukung dengan surat keterangan bekerja yang juga akan dilampirkan. nah didalam surat tersebut dimasukkan informasi bahwa erik memang karyawan perusahaan tersebut per tanggal xxxx.

      semoga cukup menjawab ya. Makasih udah mampir 🙂 Sukses!

      Suka

  9. Hi mbak mendy, aku mau tanya2 untuk pengisian nama di form pembuatan visa ada surname (family name), given name, middle name, dan last name. Yang aku tanyakan:
    1. Jika memiliki 1 suku kata nama saja (cth: DIAN) dan tidak memiliki surname (family name), middle name, dan last name, apakah harus di isi ulang saja (cth: Dian (surname) & Dian Dian Dian (given, middle name, last name) ATAU dikosongkan saja?

    2. untuk booking tiket pesawat pun bagaimana untuk pengisian nama di last name?

    3. Apakah itu akan menjadi masalah ketika visa sedang diproses karena masalah 1 suku kata tersebut?

    Mohon infonya ya mbak

    Thank you 😊

    Suka

    • Hai febri,

      1, Coba liat di paspor kamu deh. nanti ada pojokkan paling bawah. itu biasanya dipake buat nyamain sama form. atau kalo mau, kirim aja foto paspor halaman depan mu ke aku. nnti aku biar kasih contoh isinya

      2. Biasanya nama kita di double aja.

      3, Gak koq tenang aja. asalkan nama paspor kita emang cuma satu nama tok.

      semoga membantu ya

      Suka

  10. Kak mau tanya.. Sy mahasiswa tp suruhnya agen harus melampirkan npwp dan spt pph 21 ayah, tetapi di web kakak disebutkan utk bukti keuangan orangtua saja cukup. Bagaimana kak?

    Yang kedua, data surat keterangan penghasilan dari kelurahan bisa kah? Apakah ada data pendukung keuangan lainnya seperti surat PBB, dll?

    Bagaimana dengan Rekening Koran? Apakah perlu utk sy sbg mahasiswa? Jika perlu berarti pakai data orangtua juga kak?

    Suka

    • Hi Rachma, Update 2017 diharuskan melengkapi SPT pph 21.

      Kalo semua ditanggung orang tua, iya dek, bukti pendukung nya surat izin dari orang tua yang menyatakan akan membiayai pengeluaran selama disana. Rekening koran juga py orang tua. dan jangan lupa sertakan KK

      Suka

      • Iya, beberapa bulan yang lalu teman ada yang diminta untuk melengkapi (bagi yang sudah bekerja ya). Bukti Potongnya bisa koq di gunakan. Pake bukti potong desember ya/ bukti potong tahunan. bukan yang masa. Semoga membantu

        Suka

  11. Maaf mbak mau tanya. Untuk saya yg akan korea dgn status masih mahasiswa. Utk dokumen slip gaji, referensi bank, dan SPT itu dokumenya orang tua ya yg kita lampirkan? Kemudian, dokumen (slip gaji, referensi bank, dan SPT) itu cukup dokumen Ayah saja atau harus Ayah dan Ibu. Terimakasih

    Suka

    • Hi Agus, makasih ya sudah mampir.

      Iya lampirkan dokumen kelengkapan kepemilikan orang tua, jangan lupa disertakan KK nya ya. Boleh yg mana saja, kedua -duanya juga boleh. tapi kalo satu orang saja sudah mencukupi, satu orang saja, Good Luck agus..

      Suka

    • Hari itu juga udah bisa koq. asalkan udah status approved ya. liat jam pengambilan visanya ya. Jadi ga usah datang pagi2 kalo mau datang ambil visa. untuk lebih amannya datang keesokan harinya aja 🙂

      Suka

  12. halo kak saya mau nanya. status saya mahasiswa, tapi ibu saya (sebagai kepala keluarga) gapunya SPT dan NPWP maupun rekening bank karena selalu pakai rekening saya sebagai transaksi. kebetulan saya part time, dan bisa membiayai biaya kunjungana turis saya ke korea sendiri. apakah tetap harus melampirkan SPT NPWP plus rekening ibu?

    Atau boleh kah saya melampirkan SPT NPWP rekening koran punya saya sendiri? saya bingung karena status saya masih mahasiswa. terimakasih

    Suka

  13. Halo Kak. Aku mau menanyakan sesuatu nih. Statusku sekarang adalah mahasiwa kemudian kedua orang tua tidak punya rekening bank sama sekali karena wiraswasta dan surat izin usaha juga tidak ada karena dalam skala kecil. Bagaimana ya kak? Terimakasih sebelumnya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s