[MDjAPoto] -Do Care What You Care

Hello Escapers,

Welcome back!

Anywy… mungkin tulisan kali ini kesannya akan lebih kepada curhat. Because I want to talk about my Camera. Camera aku yang abis diving!

Pada trip kemaren, kamera ane sukses nyemplung bersama tripod dan action cam serta jeroan – jeroannya ke karang – karang laut karimun jawa. Lo orang udah ga usah nanya gimana ekspresi muka gw saat itu. KELAM! Kaya kenangan sama MANTAN! #Bhay

Aku sih sempat berharap si-Candy ( nama kamera ku ) masih bisa diselamatkan. Begitu sampai dijakarta, pikiran dah gak karuan segera cari Service Centre Canon didaerah Jakarta. Service Centre Canon Pusat di Jakarta bisa lihat disini

Aku milih SCC yang berada di Ruko Grand Boutique Blok B No. 3-4, Jl. Mangga Dua Raya. Gampang kok nemuinnya pas banget diseberang pintu masuk Harco Mangga Dua. Dengan tulisan Canon Care berwarna Merahnya.

Pertama masuk sih macem gerai Telkomsel gitu, hahhaa, begitu masuk nanti ada satpam yang nanyain keperluan kita dan dia akan mencetakkan nomor antrian. Trus kita tinggal duduk manis deh…

20151126_143505-01
Ruang Tunggu Service Centre Canon di Grand Boutique Mangga Dua

Anywy soal nomor antrian nanti di annouce lewat pengeras suara kok, jadi pasti kedengeran asal ga bobok aja sih. Fasilitas disini juga lengkap, ada semacam drink station gtu di corner, bisa sekalian ngeteh, ngeputih (minum air putih maksudnya) sama ngopi sianida juga. hmm…

Begitu nomor antrian kita dipanggil, sama Mba-mbanya di tanyain mau perbaiki apa dan kenapa harus diperbaiki. Setelah dicek ala kadarnya sama mba nya, dan dicek seri body kamera sama mbanya. Oh ya, Di gerai ini hanya menangani service dan penjualan grosir ya. Kalo penjualan retail mereka punya showroom sendiri di toko- toko yang berafiliasi.

Kalo untuk kamera yang serinya terdaftar di PT. Datascript ini, biaya service nya setengah harga dari kalo serinya ga terdaftar! Ya karena aku belinya emang bukan garansi resmi otomatis biayanya akan lebih mahal. Biaya service lens dan body terpisah. Untuk tipe kamera ku pada saat itu (canon 650D) Lens 18-55mm kena Rp 550.000 dan Body kena 1.100.000. Ini Cuma harga service loh. Belum termasuk biaya ganti alat. Dan apabila kita menyatakan batal untuk diperbaiki, maka akan di kenakan biaya 50% atas biaya service. But,kalo dari awal kita dah keberatan dengan syarat2 tersebut, gak kena charge apa – apa kok.

Pada saat itu kondisi candy nampak luar sih biasa – biasa aja, but sewaktu lens mau dilepas dari body nya udah gak bisa. 😦

20151126_145517-01
Penampakan Candy 650D terakhir kalinya 😦

Well, padahal itu hanya berselang satu hari setelah jatoh. Dan ternyata udah korosi parah! Kata mbanya, kalo habis jatoh di air, segera lepas lens dari bodynya dengan posisi terbalik (lensa menghadap ke bawah), cabut batrai dan memory card, kemudian di biarkan diudara terbuka sampai kira – kira udah kering. Dah segera bawa ke ahlinya!! Jangan ke dukun apalagi ahli nujum!

Balik lagi, nanti akan di cetakin SPK sebagai bukti serah terima barang kita. Setelah kita dapet SPK dari mbak nya, nnti kita akan dihubungi lagi oleh bagian teknisi mengenai kerusakan apa aja sama kamera kita. Di SPK kita juga ada nomor SPK yang bisa kita gunakan untuk cek status service kita (bisa klik disini). Salut pertama buat karyawan Datascript yang cepet banget ngasih tau mengenai perbaikannya (mungkin karena dah jelas kali ya rusaknya) hahhaa.. nanti kita akan dapat notif dari sms dan ditelf juga mengenai kondisi kamera.

Untuk lebih jelasnya kita bisa cek status di web mereka, mengenai alat – alat apa aja yang harus diperbaiki. WELL, sampai lah pada saat dimana aku mengalami sakit jantung ringan. Biaya perbaikannya nyampe Rp 14jt sekian. LAH, NGALAHIN HARGA BARU!

PicsArt_02-08-10.53.56
Penawaran yang mereka kirim via Email

Salut kedua buat CS nya yang sabar banget ngadapin kepanikan aku, hahahaa… mas nya jelasin bla bla… dan ngasih penjelasan kenapa sampai harga perbaikannya Rp 14jt, trus masnya menawarkan opsi Tukar Tambah. Jadi kalo harga perbaikan melebih separuh harga asli kameranya, maka kita dapat opsi tukar tambah. Kalo kita udah punya referensi kita tinggal bilang ke mas nya, nnti dia akan confirm ke bagian lain mengenai ketersedian stok dan harga tuker tambahnya. Kalo kita belum punya referensi, nanti mas nya akan kasih saran jenis apa yang cocok buat kita.

Saat itu mas nya referensiin aku untuk ganti ke 700D which is ga jauh beda sama 650D dan much better. Pada waktu itu sih aku ga langsung ngeiyain, karena kudu research dlu. Soalnya kamera kan ga akan setiap tahun ganti. Soalnya harus tau banget nih siapa yang akan jadi partner beberapa tahun kedepan. Aku sih minta waktu 2 hari sama mas nya, dan minta di telf lagi.

Salut ketiga, mas nya GAK PHP! Yes, setalah 2 hari masnya telf. Nanyain soal nasib candy. Dan aku memutuskan buat ngambil opsi tuker tambah ke 60D. Upgrade kelas ceritanya! Soalnya dari dulu mau upgrade kamera, masih belum ketemu alasan yang tepat kenapa harus upgrade sekarang. Mungkin sekarang saatnya.

Oh ya tuker tambah waktu itu ke 60D Kit 1, di harga Rp 7.783.000 garansi satu tahun Canon Resmi. Plus aku beli tambahan 1 tahun xtra warranty PT Datascript Rp 349.000. ini sih opsional ya. Btw, Saat itu pasaran kamera 650 D masih diharga 7juta (kit 1) – dan 650D udah ga ada lagi jual yang baru, dan 60D masih diharga 8,7jtan (kit1). Jadi harga lama candy dibeli berapa ya itung sendiri lah ya! Aku udah pasrah aja sebenarnya. Hahahha..

Kita punya waktu sebulan untuk mengambil barang tuker tambah kita ya! Lewat dari itu.. hmmm….

PicsArt_02-08-10.39.59
Hay Candy :*

Anywy… Here we are.. Candy udah balik sama aku lagi!!! *goyang itik*

Saran buat kalian yang beli kamera baru, mending –mending nih ya beli bergaransi resmi atau ke distributor yang terpercaya. Harga ga jauh beda, trus kalian mendapat keamanan dan kepuasan!! Next post aku akan bahas sedikit mengenai hal – hal apa saja yang harus perhatikan kalau beli kamera baru (buat pemula ya) kalo yang udah pro bodo amat lah ya.. you know what you must to di. so.. silahkan tekan tombol next berikut (next)

Ingat! Do care what you care! Jangan pernah cemplungin kamera ke air, apalagi ngajak kamera tanpa swimsuit nya nyemplung ke laut!!

Cheers ❤

Mendyways

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s