[Wamenderlust] -WHAT IMPORTANT THINGS YOU SHOULD CARRY ON YOUR GET LOST!! (Travel is My Theraphy- Part II)

Jalan – jalan? Siapa sih yang gak mau!

Makan enak, liat orang cakep, bisa foto – foto lucu, atau bisa dapat jodoh.

Hmm..anywy, kata – kata terakhir belum teruji. *evil grin*

Ini gegara baca buku si Bapak Ali, keinginan jalan – jalan agak menggelora! Agak mulai gatal – gatal browsing tiket pesawat!! HAHAHAHA… and Guess what!! I debt my CC at Air As*ia! #yaksip Forget it

Anywy, setiap orang dalam jalan – jalan pasti punya visi dan misi tersendiri. Kalo aku sih termasuk dalam kategori Pleasure Seeker. Apa aja yang penting nyaman tapi terarah. Jadi ga keluyuran sembarangan gitu dan harus bawa sesuatu yang bisa jadi manfaat setelah aku pulang nanti! So, in this article I wanna share what I always bring and what I am doing with them during my get lost! So… jenk..jenk…

PicsArt_01-16-03.45.55

WHAT IMPORTANT THINGS YOU SHOULD CARRY ON YOUR GET LOST!!

( Me Version)

1.  UANG!! LAGI LAGI UANG!! atau lebih beken dengan kata DO IT!

Kira – kira harus ditulis gak ini penting karena apa?

Simply, ada duit you can DO IT!

Mungkin bukannya keahlian ku menceritakan fungsi si duit ini tapi mau sharing sedikit tips and trik buat dari aku soal si nyawa dari travelling ini :

aku selalu mebiasakan membagi uang yang aku punya, jadi uang besar sama uang kecil. Besar/Kecil maksudnya disini adalah nilai nominalnya ya,

Misalnya nih ya :

Didalam dompet “nenek” itu aku isi uang receh beberapa, Rp 2.000, RP 5.000, RP 10.000, Rp 20.000 dan satu uang dengan nilai menengah yaitu Rp 50.000

Dan uang nominal seperti Rp 50.000 lainnya dan Rp 100.000 aku taroh ditempat yang sudah ditentukan. (hahha.. maksudnya di dompet besar, atau di sela buku, atau di kantong klip)

Selalu aku buat konstan seperti ini, setiap harinya!

Kenapa?

#Mempermudah transaksi! Time is money BRO! Dan aku sih anaknya gak terlalu suka ribet 😛

 # Mengurangi kemungkinan kejahatan! Gak mau sih dijahatin, tapi ya waspada aja. Temenku punya pengalaman, dulu pas disuatu negara ada orang yang minta sumbangan gitu. Niat nya ngasih sumbangan dia keluarin deh dompetnya. And guess, whats next? Yap.. dompetnya di jambret! Duh ngilu…

Oh ya dulu juga pernah palak di manila, tengah malam buta dalam taxi yang terkunci! Untung uang besar sudah di selipin dimana2. Jadi yang tersisa memang hanya uang dengan nominal kecil saja ( duh kalo inget yang ini udah keringet dingin aja , hahaha )

 #Mengurangi kesalahan kebureman. HAHAHHAA ini aku ngalamin sendiri. Biasa lah kan ya kalo lagi jalan – jalan gitu habis dapet kembalian main masuk – masukin aja. Suatu ketika waktu mau bayar taxi, mungkin karena udah ngantuk berat, atau segala macemnya main bayar aja. dan besok harinya pas mau ngitung – ngitung duit. Baru sadar uang yang dikira Rp 10.000 malam tadi ternyata Rp 100.000 T.T

#Oh ya, untuk negara – negara tertentu yang uang receh nya sangat sering dipergunakan seperti Malaysia dan Singapore, aku bikin khusus dompet buat recehannya! Jadi terpisah dengan uang kertas nya. :DD

Jadi intinya dompetnya BANYAK!! Isinya jangan ditanya! Hahaha…

Oh iya dompet nenek itu semacam dompet – dompet kecil yang bisa diselipin di “….” tapi sekarang udah ga diselipin di “….”lagi dan banyak dijual secara bebas tanpa harus beli MAS dulu :DD

2.  CAMERA

Duh ini detak jantung kalo lagi travelling deh! Apa sih yang bisa kalian jadikan kenangan setelah travelling? Nih ada sebuah quote yang “bener banget” :

Looking at photograph and wishing you could re-live that moment over and over again!

Yes, nanti suatu waktu pasti kangen lagi dan pengen liat foto – foto saat dimana kita diusir keluar dari apartment, nyasar di entah berantah dan nemuin makanan enak, atau ketika kamu harus berpakaian super tebel dipantai  disuhu 10⁰ dan senyum mu udah mulai kaku. HAHAHHA tapi itu priceless bgt!!

Tapi jangan sampai keasyikan foto – foto jadi melupakan untuk menikmati tempat yang kita kunjungi ya!!

3.  Itinerary

Ya ini maksud ku yang terarah! Jadi paling gak aku punya satu atau dua tempat yang jadi benchmark negara/kota tersebut. Hal ini harus menjawab, Kenapa harus kesana?

Itinerary akan lebih rumit kalo perjalanan ini memakan uang yang lumayan dan manyun, kenapa? Aku harus mempertimbangkan waktu, uang dan kepentingan suatu tempat untuk dikunjungi.  Walau pada kenyataannya bisa aja banyak penyesuaian – penyesuaian tapi paling gak masih dalam koridor “penting” nya tempat itu dikunjungi. Dulu pas mau ke korea, nyiapin itinerary nya aja ampe 3 bulan buat ngepasin jadwal – jadwal festival disana dan nyesuaian juga sama harga tiket tempat – tempat yang mau kita kunjungi.

4.  PASPOR dan VISA

Ini berlaku bagi kalian yang berpergian keluar negeri! Jangan nekat jadi penumpang gelap kaya si Bapak Ali, kecuali kalian bagian dari MAFIA atau Orang Nekat! Senekat naik Histeria ga pakai sabuk pengaman!

Ingat Paspor adalah Penanda Kalian di Negara Orang, JANGAN DIGADAIKAN!!

Tips :

#Fotokopi paspor dan visa kalian sebanyak mungkin, dan sebar dimanapun dibarang bawaan kalian.Ini sih sebenarnya udah hal yang wajib dilakukan! Mengantisipasi kalo terjadi kehilangan paspor (jangan sampai sih)

#Jangan lupa tuliskan contact person kalian, contact person temen seperjalanan (kalo ada), email dan contact person emergency dilembari fotocopy tadi

#Oh ya Paspor kalian juga jangan sampai lupa dikasih informasi seperti diatas ya, selipin di baju paspornya atau klip bagian belakang.

#Scan Paspor dan Visa dan kirim ke Email kalian. Ini juga jaga – jaga ketika persiapan manual kita tidak bisa diandalkan

5.  MAPS!

Ini benda yang pertama kali aku cari begitu turun dari bandara!! MAPS!! PETA.. DORA..BOOTS!!

Emang sih sekarang MAPS online ada. Tapi Batrai HAPE TIDAK TERJAMIN KESEDIANNYA! Trus karena aku anaknya suka banget nyasar, jadilah benda ini sangat berguna. Kalo nyasar, tinggal buka MAPS dan tanya orang sekitar kalian ada dimana!

Ini juga sangat membantu ketika ternyata kalian sudah terlampau jauh dari destinasi yang kalian tuju. Pernah suatu ketika, naik biss dan waktu itu posisi hape dalam keadaan hilang sinyal dan pake acara ketiduran!! Jadilah kami terbawa ke bagian sudut kota yang mungkin tinggal loncat dah pindah negara. Sempet panik! Begitu terbangun sudah distasiun akhir dan perjalanan sudah memakan waktu 2 jam.

Dan keberangkatan berikutnya setengah jam lagi, dan apabila memaksakan ketempat yang ingin aku tuju, waktu yang akan ditempuh tentu 2 jam lagi dan itupun harus transit karena buss yang sama mengambil jalur yang berbeda.

Untung banget ada MAPS! Tinggal ke bagian informasi dan menanyakan Where I Am? Can I get your phone number sir?

Nah disini lah yang aku bilang ada penyesuaian itinerary, daripada aku membuang waktu dijalan, dan kemungkinan kalo aku paksakan hari ini juga ketempat tersebut hanya akan menikmati 30 menit terakhir, ditempat tersebut, lebih baik aku menanyakan tempat yang bisa dikunjungi disekitar daerah itu. Nah biasanya di Tourist Maps akan ada simbol – simbol wisata. Beruntung kalo tempat kalian dekat dengan si simbol – simbol itu. Bisa sekalian dikunjungi.

Nah, waktu itu kejadiannya ga ada tuh sisimbol – simbol ini. TAPI!! ADA CINTA ada gambar Jangkar! Which is pasti pelabuhan, gak mungkin CLUB MALAM AWAK KAPAL! (eh mungkin juga deng.. ) Dengan berbekal nanya ini itu, dan macam – macam tulisan bagian informasi. Akhirnya aku sampai di Pelabuhan dan melihat Kapal – kapal berlayar sambil menikmati teh tarik dan Pisang Goreng bersama orang Bugis di Pelabuhan Singapura.

6. DONT BE OUT OF STYLE!

Ini kesempatan banget kalo lagi dikota orang! Semua yang gak pernah kesampaian dilakuin. Pake topi yang lucu – lucu, pake coat panjang dan berbulu, whatever yang ga bisa kalian lakuin, Lakuin lah saat travelling!!!

Kenapa? Gak ada orang yang kenal ini! Cuek aja!!

Tapi sih liat – liat sikon juga, jangan ditempat panas macam di Penang kalian pake coat bulu – bulu, bisa diliiatin orang sekampung. Kalo yang ngeliatin satu dua orang sih gak papa. Kalo sekampung, kaya atraksi topeng monyet gak sih 😛

7. DIARY

Oh.. ini gak wajib juga sih sebenarnya. Dengan kecanggihan jaman sekarang kalian bisa tulis di notes online atau apapun itu. Tapi bagiku menyalakan Handphone terkecuali buat MAPS dan Foto agak sayang, secara Batrai Handphone itu segalanya!! Dulu sih agak sedikit barbar, gak punya buku khusus yang dibawa kemana – mana, kadang suka nulis ditisu, struk, atau daun (FIX KEBANYAKAN NONTON PELEM)!

Katanya sih mulai biasakan lah menulis apa yang kita rasakan dan yang kadang tidak terucap! Didalam perjalanan pasti banyak sekali kejadian, makian, atau apapun itu. Kalau tidak kita tuliskan, mungkin saja kita lupa! Pertama – tama sih aku anggap sepele, tapi setelah kembali dalam perjalanan tersebut hal itu SANGAT LUAR BIASA!! Kaya membaca sebuah catatan yang penulisnya kita sendiri. Hal ini juga berguna kalo kalian mau nitipin NOMOR HAPE! Hmm….

Catatan paling berkesan adalah Struk SEVEL di MANILA! Why? Itu tulisan ketakutan sehabis di Palak Supir TAXI, dan sebenarnya pengen nangis setelah kejadian itu, tapi kalo aku nangis Leader aku gimana? Pasti lebih tertekan, Temenku yang satu lagi sibuk ngoceh, yang satu lagi Diem aja kaya patung. Duh itu… jadi kalo sekarang liat struk itu lagi aku tertawa dan berkata dalam hati “Ya ALLAH, Aku telah melewati ini :)”

Karena struk – struk itu sering banget ilang atau pudar, mungkin lebih baik aku tulis dibuku saja! Itu ide awalnya. Dan berlanjut sampai sekarang! Buku diary putih ini adalah buku ke2 ku, buku yang satunya udah tamat! Anywy, COBALAH!! LUAR BIASA

Tips : Tulislah tanggal, waktu dan tempat kalian menulis itu. Kalo dstruk kan biasanya sudah ada informasi itu. Kenapa ini jadi penting? Do it… setelah kalian melakukannya, pasti kalian mengerti kenapa hal ini menjadi penting!

Ada yang bilang, ngapain travelling?

Ngabisin duit aja.Mending uangnya ditabung buat masa depan

Answer :

Bukankah travelling itu justru sebuah tabungan sesungguhnya… Pendidikan karakter, mental, nurani, terhadap manusia dan alam. Apa yang kadang tidak bisa kamu dapatkan dari pendidikan formal.

Sudahlah jangan takut miskin, uang habis untuk jalan – jalan. Justru kau nanti akan mnyesal setelah tua karena belum pernah kemana – mana. Tapi ingat, pakailah uang mu sendiri! Carilah dengan jerih payah mu sendiri! Kamu pasti akan mengerti, ilmu apa yang kamu pelajari!

Cheers ❤

Mendyways

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s